top of page

Market Research Group

Public·44 members

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 9: Manusia dan Benda di Lingkungannya


Selanjutnya buku tematik Kelas 5 yang terdiri dari buku siswa Kelas 5 kurikulum 2013 revisi 2018 dan download buku guru Kelas 5 kurikulum 2013 revisi 2018 berdasarkan urutan daftar tema Kelas 5 revisi 2018 dapat diunduh dalam link download buku tematik Kelas 5 pada link download buku k13 yang tersedia.




download buku tema 9 kelas 5



Kata Pengantar Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah tersebut melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu. Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, maka diperlukan buku tematik berbasis aktivitas yang mendorong peserta didik untuk mencapai standar yang telah ditentukan. Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat mengembangkan dan memperkaya pengalaman belajar siswa dengan daya kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan dan disesuaikan dengan potensi siswa di sekolah masing-masing. Buku ini adalah merupakan penyempurnaan dari edisi terdahulu. Buku ini bersifat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan di masa mendatang. Untuk itu, kami mengundang para pembaca memberikan sumbang saran, kritikan, dan masukan yang membangun untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Kami mengucapkan terima kasih atas kontribusi dari semua pihak dalam penyempurnaan buku ini. Semoga kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi Indonesia yang lebih berkualitas. Penulis Tema 9: Benda-Benda di Sekitar Kita iii


Tentang Buku Siswa Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V 1. Buku Siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. 2. Buku Siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan buku sebagaimana dituangkan dalam Buku Guru. 3. Kegiatan pembelajaran yang ada di Buku Siswa lebih merupakan contoh yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Guru atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri. 4. Pada semester 2 terdapat 4 tema. Tiap tema terdiri atas 3 subtema yang diuraikan ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari. Kegiatan pada setiap pembelajaran diarahkan untuk mengasah daya nalar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi. 5. Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu. Pada minggu ke-4 diisi dengan kegiatan Proyek dan Literasi, yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan membaca dan rasa cinta membaca kepada siswa. 6. Struktur penulisan buku, semaksimal mungkin diusahakan memfasilitasi pengalaman belajar bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul Ayo Berdiskusi, Ayo Membaca, Ayo Menulis, Ayo Mengamati, Ayo Mencoba, Ayo Berlatih, Ayo Bernyanyi, Ayo Renungkan, dan Kerja Sama dengan Orang Tua. 7. Buku ini dapat digunakan oleh orang tua secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar siswa di rumah. 8. Buku Siswa ini berbasis kegiatan (activity based) sehingga memungkinkan bagi para siswa dan guru untuk melengkapi materi dari berbagai sumber. 9. Di sekolah, guru dan siswa dapat mengembangkan dan/atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan sekolah, guru, dan siswa, yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lebih terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatih, dan sikap yang dikembangkan. Di rumah, orang tua bersama siswa dapat mengembangkan dan/atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan orang tua dan siswa. iv Buku Siswa SD/MI Kelas V


Perhatikan peta Provinsi Jawa Tengah berikut. Ayo Berlatih 1. Provinsi Jawa Tengah beribu kota di Semarang. Letak geografis kota Semarang sekitar 110 BT dan 7LS. Tunjukkan letak Semarang pada gambar peta di atas. Kemudian, lingkarilah dengan pensil berwarna! 2. Lihatlah peta di kelasmu atau buku atlasmu. Pilihlah 10 kota kabupaten pada peta di atas. Kemudian, tuliskan letaknya menurut garis lintang dan garis bujur! Tuliskan dalam tabel berikut! No. Nama Tempat Garis Bujur Garis Lintang 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. Subtema 1: Benda Tunggal dan Campuran 21


4 Hari ini Pak Tagor mengajak Siti dan teman-teman untuk melakukan kegiatan di luar kelas. Siti dan teman-teman menyambutnya dengan gembira. Ke mana mereka akan melakukan kegiatan? Oh, ternyata mereka menuju ke belakang sekolah. Di sana terdapat hamparan sawah dan sungai. Dari belakang sekolah juga tampak daerah pegunungan. Pak Tagor menjelaskan mengenai kenampakan alam Indonesia. Subtema 1: Benda Tunggal dan Campuran 27


Tentu kita akan malu, jika tidak mengenal tarian daerah Indonesia. Justru orang asing yang mempelajari dan pandai menarikannya. Artinya, mereka saja tertarik. Mengapa kita tidak tertarik dengan tarian Indonesia? Mari kita hargai budaya kita. Alangkah bagusnya jika di kelasmu banyak yang menguasai berbagai tari daerah. Kita akan bangga, bukan? Mari kita pelihara budaya Indonesia. Ayo Berlatih Kamu telah mengetahui pengertian pola lantai tarian daerah. Sekarang, coba kamu cari contoh gerakan tarian daerah dari internet atau dari kaset video tarian daerah. Mintalah Bapak/Ibu/Saudara untuk mendampingimu saat mengamati gerak tarian daerah tersebut. Tuliskan tarian yang kamu amati dan pola lantai tariannya. Lakukan kegiatan ini secara kelompok. Ayo Renungkan Apa yang sudah kamu pelajari hari ini? Apakah kamu sudah memahami semua kegiatan yang kamu lakukan hari ini? Adakah yang ingin kamu tanyakan kepada teman, Bapak atau Ibu Guru terkait dengan materi yang kamu pelajari? Ayo, bertanyalah untuk kemajuan dirimu. Kerja Sama dengan Orang Tua Bertanyalah kepada kedua orang tuamu. Apakah waktu kecil mereka suka menari atau melihat pertunjukan karya tari? Apakah tarian yang mereka lakukan juga menggunakan pola lantai? Tanyakan pola lantai yang mereka peragakan atau mereka lihat. Tuliskan pada selembar kertas, lalu kumpulkan kepada gurumu. Subtema 2: Benda dalam Kegiatan Ekonomi 79


satu sama lain. Dengan gotong royong, pekerjaan seberat apa pun terasa ringan dan pekerjaan cepat selesai. Itulah makna penting persatuan dan kesatuan yang tecermin dalam sikap menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, dan sikap saling tolong-menolong antarsesama dan bersikap nasionalisme. Ayo Berdiskusi Kamu telah mengamati beberapa contoh peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan makna pentingnya persatuan dan kesatuan. Berdasarkan contoh tersebut dapat diambil kesimpulan beberapa makna penting persatuan dan kesatuan. Apa sajakah makna penting persatuan dan kesatuan bangsa? Diskusikan bersama teman satu kelompokmu dan tuliskan hasil diskusi pada kotak berikut. Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas. Laporan Hasil Diskusi Makna penting persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sebagai berikut. 1. 2. 3. Subtema 2: Benda dalam Kegiatan Ekonomi 85


Untuk mengisi acara perpisahan dengan kakak kelas enam Siti, Lani, Dayu, Udin, Edo, dan Beni akan menampilkan karya tari. Mereka semangat dan giat berlatih. Pada hari Minggu, mereka berlatih tari Saman di rumah Siti. Mereka berlatih dengan panduan kaset CD Player. Ayah Siti yang kebetulan pandai menari mendampingi Siti dan teman-temannya berlatih menari. Mereka berlatih dengan semangat dan gembira. Ibu Siti senang melihat semangat Siti dan teman-temannya dalam berlatih gerak tari. Ibu Siti menyiapkan minuman dan hidangan untuk Siti dan teman-temannya. Siti dan teman-temannya istirahat berlatih menari sambil menonton televisi. Kebetulan mereka melihat iklan sebuah produk vitamin yang berlatar belakang tari Saman. Berikut ini adalah iklan televisi yang dilihat Siti dan temannya. Subtema 2: Benda dalam Kegiatan Ekonomi 103


Ayo Mencoba Kamu telah memahami empat pola lantai pada tarian daerah. Ada pola lantai vertikal, horizontal, diagonal, dan garis melengkung. Sekarang coba kamu peragakan keempat pola lantai tersebut. Ikuti dengan gerakan tangan dan kaki. Buat variasi gerakan tangan kaki, tangan, dan kepala. Peragakan secara bergantian di depan kelas. Bapak/Ibu Guru akan memberimu aba- aba. Kreativitasmu dalam menampilkan gerakan akan menentukan nilai yang Bapak/Ibu Guru berikan. Ayo Renungkan Apa yang sudah kamu pelajari hari ini? Apakah kamu sudah memahami semua kegiatan yang kamu lakukan hari ini? Adakah yang ingin kamu tanyakan kepada teman, bapak atau ibu guru terkait dengan materi yang kamu pelajari? Tuliskan hasil renunganmu pada kolom berikut. Hasil Renungan Kerja Sama dengan Orang Tua Kamu mempunyai hak untuk berlatih menari kapan pun, termasuk di hari Minggu. Akan tetapi, kamu juga harus ingat bahwa pada hari Minggu kamu mempunyai kewajiban untuk membantu orang tua di rumah. Apa yang harus kamu lakukan supaya tetap bisa berlatih menari, tetapi juga tetap bisa membantu orang tua? Diskusikan bersama orang tuamu. Kemudian, tuliskan hasil diskusi pada kotak berikut. Hasil Diskusi 110 Buku Siswa SD/MI Kelas V


Ayo Renungkan Coba renungkan tentang kegunaan benda-benda atau materi yang berada di sekitar kamu, baik itu materi yang termasuk zat tunggal (unsur dan senyawa), maupun materi yang tergolong campuran. Tulislah hasil renunganmu dalam buku tugas dan kumpulkan kepada Bapak/Ibu Guru untuk dinilai. Hasil Renungan Kerja Sama dengan Orang Tua Ibumu pasti sering memasak untuk menyiapkan makanan bukan? Apakah kamu biasa untuk membantu Ibu menyiapkan makanan di rumah. Coba perhatikan saat Ibumu memasak. Jika ingin lebih jelas, kamu dapat bertanya bahan-bahan apa yang digunakan. Cermatilah! Bahan-bahan tersebut termasuk zat tunggal atau campuran. Bekerja samalah dengan Ibumu terkait fungsi bahan-bahan yang digunakan dalam masakan. Tuliskan dalam kolom berikut. No. Bahan untuk Zat Tunggal Zat campuran Memasak 1. Air 2. Tembaga 3. Gula 4. Perak 5. Garam Subtema 3: Manusia dan Benda di Lingkungannya 127


download buku tematik pdf kelas 5 tema 9 benda-benda di sekitar kita


download buku siswa tematik kelas 5 tema 9 benda tunggal dan campuran


download buku guru tematik kelas 5 tema 9 benda dalam kegiatan ekonomi


download buku tematik terpadu kurikulum 2013 kelas 5 tema 9 manusia dan benda di lingkungannya


download buku tematik kelas 5 tema 9 revisi terbaru


download buku tematik kelas 5 tema 9 edisi revisi 2017


download buku tematik kelas 5 tema 9 versi aplikasi


download buku tematik kelas 5 tema 9 versi pdf


download buku tematik kelas 5 tema 9 google drive


download buku tematik kelas 5 tema 9 gratis


download buku tematik kelas 5 tema 9 lengkap


download buku tematik kelas 5 tema 9 subtema 1


download buku tematik kelas 5 tema 9 subtema 2


download buku tematik kelas 5 tema 9 subtema 3


download buku tematik kelas 5 tema 9 subtema 4


download buku tematik kelas 5 tema benda-benda di sekitar kita pdf


download buku siswa kelas v tema benda-benda di sekitar kita pdf


download buku guru kelas v tema benda-benda di sekitar kita pdf


download buku sekolah elektronik kelas v tema benda-benda di sekitar kita pdf


download buku sekolah digital kelas v tema benda-benda di sekitar kita pdf


cara download buku tematik kelas v tema benda-benda di sekitar kita pdf


link download buku tematik kelas v tema benda-benda di sekitar kita pdf


situs download buku tematik kelas v tema benda-benda di sekitar kita pdf


website download buku tematik kelas v tema benda-benda di sekitar kita pdf


blog download buku tematik kelas v tema benda-benda di sekitar kita pdf


unduh buku tematik kelas v tema benda-benda di sekitar kita pdf


unduh gratis buku tematik kelas v tema benda-benda di sekitar kita pdf


unduh lengkap buku tematik kelas v tema benda-benda di sekitar kita pdf


unduh mudah buku tematik kelas v tema benda-benda di sekitar kita pdf


unduh cepat buku tematik kelas v tema benda-benda di sekitar kita pdf


unduh online buku tematik kelas v tema benda-benda di sekitar kita pdf


unduh offline buku tematik kelas v tema benda-benda di sekitar kita pdf


unduh terbaru buku tematik kelas v tema benda-benda di sekitar kita pdf


unduh terlengkap buku tematik kelas v tema benda-benda di sekitar kita pdf


unduh terbaik buku tematik kelas v tema benda-benda di sekitar kita pdf


unduh berkualitas buku tematik kelas v tema benda-benda di sekitar kita pdf


unduh resmi buku tematik kelas v tema benda-benda di sekitar kita pdf


unduh legal buku tematik kelas v tema benda-benda di sekitar kita pdf


unduh aman buku tematik kelas v tema benda-benda di sekitar kita pdf


unduh tanpa virus buku tematik kelas v tema benda-benda di sekitar kita pdf


About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...
bottom of page